Materi TIK kelas 9 semester 1

INTERNET DAN INTRANET

 

INTERNET

Pengertian Internet

Internet yang berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.

Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada di kota Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan.

Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk salingberkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.

Fasilitas Internet

Fasilitas-Fasilitas yang dapat di manfaatkan dengan menggunakan internet, diantaranya :

  1. Web, adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk memudahkan Anda membaca data dan informasi tesebut Anda dapat mempergunakan web browser seperti Internet Explorer ataupun Netscape.
  2. E-Mail (Electronic Mail), dengan fasilitas ini Anda dapat mengirim dan menerima surat elektronik (e-mail) pada/dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet, dan dapat menyertakan file sebagai lampiran (attachment).
    – Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu. Dengan fasilitas ini pula Anda dapat melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat.
  3.  FTP (File Transfer Protocol), fasilitas ini digunakan untuk menghubungkan ke server computer tertentu dan bila perlu menyalin (download) file yang Anda butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer Anda.

Istilah-Istilah Yang Sering Digunakan dalam Internet, diantaranya yaitu:

  1. WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama. Berbagai informasi dapat Anda temukan pada WWW, seperti informasi politik, ekonomi, sosial, budaya, sastra, sejarah, teknologi, pendidikan dan sebagainya. Kita dapat mengumpamakan WWW ini merupakan perpustakaan besar yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan.
  2. Web Site (Situs Web), merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu. Diumpamakan situs Web ini adalah sebuah buku yang berisi topik tertentu.
  3. Web Pages (Halaman Web), merupakan sebuah halaman khusus dari situs Web tertentu. Diumpamakan halaman Web ini adalah sebuah halaman khusus buku dari situs Web tertentu.
  4. Homepage, merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs Web.
  5. Browser, merupakan program aplikasi yang digunakan untuk memudahkan Anda melakukan navigasi berbagai data dan informasi pada WWW.

Manfaat internet

Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: 1. Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. 2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.

Sejarah Internet
Perkembangan internet diawali dengan dibangunnya jaringan ARPANet pada tahun 1969. ARPA (Advanced Research Project Agency) merupakan sebuah jaringan yang dikembangakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang tugasnya untuk melakukan penelitian terhadap jaringan komputer dengan teknologi packet switching. Jaringan tersebut semula hanya beranggotakan beberapa komputer di beberapa universitas di Amerika Serikat, seperti University of California-Los Angeles dan Stanford Research Institute. Di awal perkembangannya, jaringan tersebut hanya digunakan khusus untuk kalangan akademik dan militer. Istilah internet sendiri muncul sekitar tahun 1983 dengan ditemukannya protocol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Intenet Protocol) yang memberikan sumbangan besar terhadap perkembangan jaringan itu dan mampu menyatukan beberapa sistem jaringan yang berbeda. Lebih lengkap lagi tentang sejarah internet dapat dicari di http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_internet

Dampak Negatif Internet
Penggunaan internet saat ini sudah merasuk pada hampir semua aspek kehidupan. Internet sangat bermanfaat bagi semua kalangan karena memberikan informasi yang up to date setiap saat. Disamping internet mempunyai banyak manfaat, internet juga memiliki dampak negatif apabila tidak digunakan secara baik. Dampak negatif penggunaan internet seiring perkembangannya antara lain :

  • Adanya ancaman virus
  • Carding atau pencurian nomor kartu kredit
  • Adanya aktivitas cracking
  • Pembajakan karya intelektual
  • Penyebaran situs-situs yang tidak sesuai dengan moral (pornografi)

Untuk menanggulangi dampak negatif penggunaan internet, maka perlu adanya pengawasan khusus dan aturan yang jelas tentang pemakaian internet terutama dikalangan pendidikan.

 

INTRANET

Pengertian Intranet

Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protocol TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan Internet”, atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi. Jika sebuah badan usaha / bisnis / institusi mengekspose sebagian dari internal jaringannya ke komunitas di luar, hal ini di sebut ekstranet. Memang biasanya tidak semua isi intranet di keluarkan ke publik untuk menjadikan intranet menjadi ekstranet. Misalnya kita sedang membeli software, buku dll dari sebuah e-toko, maka biasanya kita dapat mengakses sebagian dari Intranet toko tersebut. Badan usaha / perusahaan dapat memblokir akses ke intranet mereka melalui router dan meletakan firewall. Firewall adalah sebuah perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses seseorang kedalam intranet. Proteksi dilakukan melalui berbagai parameter jaringan apakah itu IP address, nomor port dll. Jika firewall di aktifkan maka akses dapat dikontrol sehingga kita hanya dapat mengakses sebagian saja dari Intranet perusahaan tersebut yang kemudian dikenal sebagai extranet.

Kegunaan intranet

Dasarnya perangkat lunak aplikasi yang digunakan di Intranet tidak berbeda jauh dengan yang digunakan di Internet. Di Intranet digunakan Web, e-mail dll. persis seperti yang digunakan di Intranet. WARNET sebetulnya intranet yang sangat sederhana sekali, kebetulan tidak ada content yang khusus / spesifik yang internal di warnet tsb.

Web dengan perangkat database di belakangnya, biasanya merupakan alat bantu paling potensial untuk melakukan 2 hal utama yaitu:

  1. Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin effisien, pendekatan yang  dilakukan disini biasanya membuat system informasi manajemen yang berbasis Web & database. Cukup banyak rasanya orang di Indonesia yang mengerti masalah MIS ini. Jika MIS / ERP perusahaan telah ditata dengan baik langkah selanjutnya biasanya mengarah ke e-commerce (dagang melalui Internet). Perlu dicatat bahwa sebaiknya jangan masuk terlalu jauh ke e-commerce jika system backoffice MIS / ERP perusahaan tsb belum siap, karena akan tampak sekali cacatnya.
  2.  Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin kompetitif di dunia-nya. Bahkan jika mungkin menjadi pemimpin dalam usahanya. Membuat sebuah badan menjadi kompetitif hanya mungkin dilakukan jika kita dapat mengolah secara baik sumber daya manusia & sumber daya pengetahuan yang ada di internal badan / perusahaan tersebut. Ilmu / konsep yang berkaitan dengan hal ini adalah konsep knowledge management. Dasarnya adalah bagaimana kita melakukan percepatan proses daur ulang, analisis, sintesa dari pengetahuan baik itu yang bersifat implicit maupun eksplisit. Masih jarang ahli di Indonesia yang menguasai teknik tsb, sebetulnya yang paling baik proses penguasaan teknik ini adalah para pustakawan.

Keuntungan penggunaan intranet bagi suatu organisasi atau perusahaan antara lain :

  • Produktifitas kerja
  • Efisiensi waktu
  • Komunikasi
  • Sistem publikasi web
  • Efektifitas biaya
  • Keseragaman informasi
  • Meningkatkan kerjasama

Intranet juga memiliki beberapa kelemahan antara lain :

  • Informasi yang salah atau tidak sesuai sehingga mengurangi efektifitasnya
  • Interaksi di intranet yang mungkin tidak bertanggung jawab
  • Perlu pelatihan khusus untuk anggota dalam menggunakan intranet
  • Perlu tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi atau perusahaan
  • Bisa terjasi overload (data penuh) akibat pengiriman pesan antar pengguna yang tidak terkontril dengan baik.

PERBEDAAN ANTARA INTERNET, INTRANET

 Internet

Merupakan komunikasi jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun beda sistem oprasi dan mesin.

Intranet

Adalah sebuah jaringan koputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam internal perusahaan atau kantor dengan aplikasi berbasis web dan teknologi komunikasi data seperti internet ( bahkan warung internet (warnet) dapat dikategorikan sebagai intranet)

 

 

 

 

 

 

 

 

SISTEM JARINGAN

 

Jaringan memiliki nama sendiri yang mewakili jenis – jenis cakupan daerah yang berada di jaringan terebut. Untuk cakupan daerahnya terdiri dari 5 macam. Diantaranya adalah

  1. LAN (Local Area Network)

    LAN atau yang berkepanjangan Local Area Network adalah jenis jaringan yang memiliki cakupan daerah kecil yaitu jika menurut teori bisa mencapai 100 meter. Cakupan daerah tersebut sama halnya dengan seluas kelas atau sebuah kantor kecil atau warnet.
    Jaringan LAN bisa dibentuk dengan beberapa komputer yang terdapat pada suatu ruangan yang kemudian setiap komputer dihubungkan ke sebuah switch atau hub atau router.

Jenis Topologi

1.      Topologi Star

Topologi star merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.

Kelebihan

  • Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
  • Tingkat keamanan termasuk tinggi.
  • Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
  • Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.

Kekurangan

  • Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti.

Penanganan

  • Perlunya disiapkan node tengah cadangan.

 

Topologi Ring

Topologi ring adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.

Kelebihan

  • Hemat kabel
  • Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), karena pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data

Kelemahan

  • Peka kesalahan, sehingga jika terdapat gangguan di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan.
  • Pengembangan jaringan lebih kaku
  • Sulit mendeteksi kerusakan
  • Dapat terjadi collision[dua paket data tercampur]
  • Diperlukan penanganan dan pengelolaan khusus

 

Topologi bus

 

Pada topologi bus dua unjung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan mentap Ethernetnya sepanjang kabel.
Linear Bus: Layout ini termasuk layout yang umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap simpul, ke saluran tunggal komputer yang mengaksesnya ujung dengan ujung. Masing-masing simpul dihubungkan ke dua simpul lainnya, kecuali mesin di salah satu ujung kabel, yang masing-masing hanya terhubung ke satu simpul lainnya. Topologi ini seringkali dijumpai pada sistem client/server, dimana salah satu mesin pada jaringan tersebut difungsikan sebagai File Server, yang berarti bahwa mesin tersebut dikhususkan hanya untuk pendistribusian data dan biasanya tidak digunakan untuk pemrosesan informasi.
Instalasi jaringan Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer. Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan.
* Keunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain.
*Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.
Topologi linear bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel Coaxial menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain. Kesulitan utama dari penggunaan kabel coaxial adalah sulit untuk mengukur apakah kabel coaxial yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC (network interface card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi ini juga sering digunakan pada jaringan dengan basis fiber optic (yang kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan dengan client atau node.).

 

 

  1. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau MAN mempunyai cakupan yang besar dari pada LAN dan kecil dari pada WAN. Cakupan daerah yang dimiliki MAN bisa mencapai 10 km – 50 km. Seperti misalnya jaringan antar gedung, seperti antar gedung pemerintah atau perusahaan.
MAN sebetulnya merupakan kumpulan beberapa jaringan LAN yang kemudian bersatu menjadi satu yang dinamakan MAN ini. Jadi pemasangan jaringan MAN hampir sama dengan LAN. Hanya saja membutuhkan biaya yang lumayan tinggi dan Perawatan khusus karena jalur jaringan yang berada di lingkungan outdoor.

  1. WAN (Wide Area Network)

WAN tersendiri memiliki cakupan daerah yang sangat luas. Cakupan daerahnya sudah mencapai negara – negara maupun benua – benua. WAN juga memiliki kesamaan dengan Internet.
Untuk membangun jaringan WAN dibutuhkan khusus saluran komunikasi bersifat publik. Beda dengan LAN dan MAN yang misalnya masih bisa menggunakan komunikasi bersifat private. Dan WAN biasanya digunakan lebih untuk menghubungkan jaringan lokal suatu lokasi ke jaringan lokal lokasi yang lain. Sehingga orang – orang bisa berkomunikasi seperti saat ini.

Dalam jaringan komputer, terdapat komputer yang berfungsi sebagai client (pengguna) dan server (pemberi layanan). Berdasarkan hal tersebut. Maka jaringan komputer memiliki jenis seperti berikut :

  1. Client – Server
    Dalam jenis jaringan Client – Server, di dalam jaringan tersebut ada komputer yang  bertugas sebagai server, dan ada yang komputer yang menjadi client. Jadi sever tersebut bertanggung jawab terhadap kebutuhan layanan yang diinginkan oleh komputer client. Seperti koneksi internet, web server, file server, dll.

 

 

  1. Peer to Peer

 

 

 

Jika dalam Client – Server hanya satu atau dua yang bertugas sebagai server, maka dalam peer to peer semua komputer bisa menjadi server maupun client. Jadi semua memiliki kedudukan yang sama.

 

PERANGKAT KERAS UNTUK AKSES INTERNET

  1. 1.      Modem

Modem memiliki kepanjangan MOdulator DEMulator. Perangkat jaringan ini sama fungsinya untuk menerima dan mengirim data. Modem, sebelum mengirim datanya, dia mengubah dahulu data dari komputer itu yang berupa sinyal digital menjadi sinyal analog. Begitu juga sebaliknya. Sebelum data itu diterima komputer, modem mengubah data berupa sinyal analog tersebut menjadi sinyal digital. Hal seperti ini juga serupa dengan Radio dan Telepon. Untuk modem ada dua jenis. Ada modem internal dan ada modem external. Dan kemudian terbagi lagi menjadi beberapa macam seperti modem GSM, modem CDMA, modem ADSL, dll.

 

  1. 2.      Hub

Hub merupakan hardware jaringan yang fungsinya untuk menghubungkan beberapa peralatan – peralatan komputer yang menggunakan media kabel twisted pair, fibre optic, dll sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. HUB merupakan bagian bagian dari OSI Layer 1. Sehingga HUB tidak bisa menterjemahkan pengalamatan ketika melakukan pengiriman data. Otomatis ketika pengiriman data,

 

  1. 3.      Kabel dan Konektor

Kabel dan konektor merupakan media penghubung antara computer dengan computer lainnya atau dengan peralatan jaringan lainnya yang digunakan untuk membentuk jaringan.  Berikut contoh kabel dan konektor:

a.       Twisted Pair Cable
Twited Pair cable atau yang orang – orang menyebutkannya sebagai kabel LAN merupkan media pada jaringan untuk menghubungkan suatu perangkat komputer ke perangkat komputer yang lainnya. Kabel ini dibuat dari bahan dasar tembaga. Karena bahannya itu, kabel ini sering digunakan karena harganya yang murah dibandingkan dengan kebel yang lain.
Untuk kabel ini terdapat dua jenis, yaitu Unshielded Twisted Pair dan Shielded Twisted Pair.
1.       Unshielded Twisted Pair (UTP)

Kabel UTP ini merupakan jenis dari kabel Twisted Pair yang sering digunakan oleh orang – orang dalam membuat jaringan komputer. Jenis kebel ini tidak memiliki pelindung kabel di dalamnya. Sehingga rentan terkena radiasi elektromagnetik yang menyebabkan terajdinya noise. Dan kebel ini lah yang paling murah dibandingkan dengan jenisnya yang ke dua.

 

2.       Shielded Twisted Pair (STP)

Sama seperti kabel UTP, tetapi di dalam kabel tersebut ada semacam pelindung berbahan logam yang berguna untuk menghindari dari dampak radiasi elektromagnetik luar. Kabel ini jarang digunakan oleh orang. Mungkin harganya yang relatif mahal dibandingkan dengan kabel UTP. Kabel ini sebenarnya ada juga macam – macamnya. STP, S/UTP, S/SUTP.

Pada STP bagian yang dilindungi logam hanya bagian konduktornya saja. Pada S/UTP bagian yang dilindungi hanya bagian dalam pelindung luar, jadi pelindungnya berlapis dua. Dan satu lagi S/STP bagian yang dilindungi logam yaitu konduktor dan bagian dalam pelindung luar. Jadi S/STP merupakan kabel Twisted Pair yang paling aman dari efek radiomagnetik.

 

 

 

  1. Coaxial Cable

 

Kabel coaxial ini juga berfungsi sama dengan kabel Twisted Pair yang digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat komputer sebagai media pengiriman data. Coaxial cable yang merupakan kabel yang sering digunakan oleh penyambung antena  TV ke TV ini juga bisa sebagai media dalam jaringan komputer. Kabel ini menyalurkan data – data yang dikirim dengan mengubahnya menjadi sinyal listrik. Kabel ini mempunyai kemampuan dalam menyalurkan bidang frekuensi yang lebar. Kabel ini memiliki jarak pemasangan maximum 2000 km.

c.       Fibre Optic Cable

 

Kabel ini merupakan media penyambung perangkat komputer yang saat ini merupakan media termahal dalam segi bahan dan pemasangan. Kabel ini terbuat dari serat optik yang halus yang dibalut dengan lapisan plastik. Kabel ini memiliki transfer data yang sangat cepat dibandingkan dengan media kabel lainnya. Yaitu bisa mencapai 1Gbps. Kecepatan ini memang setara dengan harganya yang sangat mahal. Dan sampat sekarang kabel ini masih digunakan di kalangan perusahaan ISP.

4.       Network Interface Card (NIC)

 

Merupakan hardware yang digunakan sebagai jembatan sebuah komputer ke komputer yang lainnya. NIC biasanya berupa kartu yang nantinya ditancapkan ke slot yang ada di motherboard. baik itu PCI, PCIe, atau pun yang lainnya. Kemudian NIC terbagi lagi menjadi dua yaitu NIC Fisik (NIC Ethernet, Token Ring, dll) dan NIC Logis (Loopback Adapter, Dial-Up Adapter,dll). Setiap perangkat NIC diberi nomor alamat yang berupa MAC Address.

 

  1. 5.          Switch

 

Switch mempunyai fungsi yang sama dengan HUB akan tetapi Switch mempunyai kelebihan dibandingkan dengan HUB. Switch merupakan bagian OSI Lapisan 2. Sehingga mempunyai kemampuan untuk menterjemahkan alamat tujuan paket. Karena itu, paket tersebut hanya dikirim langsung ke kompter tujuan, tidak seperti HUB yang ke semua komputer. Jadi, Switch tidak pernah mengalami colossion ketika pengiriman data.

6.       Router

 

Merupakan hardware yang berfungsi sebagai penghubung atar dua atau lebih jenis jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya. Router memililki kesamaan dengan Bridge tetapi berbeda dalam skema pengalamatannya. Router menggunakan skema pengalamatan IP, sedangkan Bridge menggunakan skema pengalamatan MAC Address.

7.       Router (Wireless)

 

Sama halnya dengan Router diatas. Tetapi media yang di routingnya berupa media sinyal atau wireless.

8.       Bridge Router (Bridge & Router)

 

Perangkat jaringan ini memiliki fungsi yang ganda, bisa berfungsi sebagai bridge dan bisa juga berfungsi sebagai router.

  1. 9.        Crimping Tool

 

Crimping tool disini. Berfungsi ketika kita memasang kabel LAN. Ketika kita memasukkan jack RJ45 atau yang sejenisnya. Pastinya kita harus memotong setiap untaian kabel agar sejajar panjangnya. Setalah sejajar kita masukkan untaian kabel tersebut ke jack RJ45. dan dijepit dengan bantuan crimping tool agar kabel tidak goyang.

  1. 10.    LAN Tester

 

LAN Tester disini berguna jikala ketika memasang kabel lan ada beberapa kabel bewarna tertentu yang terpasang kurang baik. Nah LAN terter ini berguna untuk mengecek apakah semua kabel dari setiap warna tersebut terpasang benar.

11.  Repeater

Fungsi utama repeater adalah untuk memperkuat sinyal. Sinyal yang diterima dari satu segmen kabel  LAN akan dipancarkan kembali dengan kekuatan sinyal asli pada segmen kabel lainnya.

KECEPATAN AKSES INTERNET

 

  1. Faktor Dari Dalam computer
    1. Modem yang digunakan
    2. Computer yang digunakan
    3. Kualitas line telpon
    4. Faktor Dari Luar Komputer
      1. Jumlah pengakses
      2. Jumlah pengakses internet dari ISP yang digunakan
      3. Kecepatan aksesserver ke internet

 

 

 

 

 

 

One response to this post.

  1. terima kasih atas informasinya,
    tentu ini dapat membantu saya dalam menyelesaika tugas-tugas kami

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: